Kreativitas

Oleh Putu Wijaya

Kreativitas di dalam penulisan, adalah upaya untuk mengutak-atik sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang baru, menarik bahkan mungkin kontroversial. Menyederhanakan materi yang berat menjadi tulisan yang sederhana dan komunikatif, tanpa kehilangan esensinya, adalah bagian dari kreativitas. Tetapi sebaliknya membuat ruwet materi yang sederhana sehingga menjadi tak terpahami adalah kegagalan penulisan.

Bentuk kreativitas dalam penulisan bermacam-macam. Tidak terbatas hanya menyederhanakan yang sulit. Mengembangkan hal-hal yang sepele menjadi penting, membuat sesuatu yang kering menjadi memikat, membuat yang tidak pernah dilakukan sebelumnya namun tanpa terasa sebagai coba-coba dan sebagainya adalah kreativitas. Kreativitas adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh seorang penulis dalam membuat paket tulisannya menggigit. Jadi kebaruan yang muncul seperti sudah disebutkan di atas hanya salah satu aspek. Sasaran lanjut dari kebaruan itu adalah agar tendangannya pada pembaca lebih telak.

Sebuah tulisan yang baik menembak pembacanya di tempat. Tetapi sebuah tulisan yang baru berhasil menembak pembacanya setelah beberapa hari, beberapa bulan, bahkan beberapa tahun, juga bukan tulisan yang buruk. Karena berat ringan masalah berbeda. Juga empuk tidak sasaran, peka tidak pembaca adalah sangat menentukan apakah tulisan akan berbunyi atau tidak. Untuk itu seorang penulis harus memiliki kesabaran, yang dalam hal ini berarti kebijaksanaan. Di situ seorang penulis dianggap sudah matang.

Bersambung ke..Tulisan yang Menggigit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s