Sudut Pandang

Oleh Putu Wijaya

Setiap tulisan juga punya sudut pandang yang besar sekali pengaruhnya pada bobot tulisan. Persoalan yang sama, dengan data-data yang tak berbeda, dapat dibuat menjadi baru, karena menukar sudut pandang. Penukaran sudut pandang bukan saja akan mengundang kesegaran, tetapi juga keanehan, keunikan, kejelian, dan pesona.

Sebuah materi yang bagus, bila tidak disertai sudut pandang yang tepat, bias mubazir. Sebaliknya dengan sudut pandang yang cerdik, sesuatu yang biasa, remeh-temeh, bahkan klise bias menjadi sesuatu yang baru dan menarik. Sudut pandang adalah bagian dari kosmetika penulisan. Tetapi tidak hanya kosmetika, sudut pandang juga dapat secara fantastis mengubah materi yang dibicarakan.

Msalah-msalah yang besar, sudah cukup atraktif bila dibedah dengan sudut pandang yang standar. Bila dicoba sudut pandang lain, ada kemungkinan menjadi sesat dan kusut. Berbeda dengan masalah-msalah kecil yang sederhana, yang memerlukan satu sudut pandang yang diperhitungkan, agar membuat materinya keluar lebih menohok.

Sudut pandang setiap permasalah, tidak terbatas. Tetapi kesalahan memilih sudut pandang, akibatnya fatal. Apabila ada kesulitan, ada baiknya untuk mengambil sudut pandang standar. Hanya dengan penguasaan yang bulat pada masalah, dapat dikembangkan sudut pandang-sudut pandang kontroversial, sehingga tulisan terasa memberikan sesuatu yang baru.

Masalah kebaruan di dalam tulisan kadang bertumpang-tindih dengan kesegaran. Keduanya sangat dekat tetapi bias dibedakan. Sesuatu yang baru memang memilki kecenderungan segar. Namun sesuatu yang segar tidak harus baru. Sesuatu yang tidak baru, yang dengan sudut pandang lain dapat menimbulkan kesegaran adalah bagian dari kreativitas.

Bersambung ke.. Kreativitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s